Info terpercaya Beasiswa Bidikmisi Kemenristekdikti 2016 – Syarat dan Waktu Pendaftaran...

Beasiswa Bidikmisi Kemenristekdikti 2016 – Syarat dan Waktu Pendaftaran

Info Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Kemenristekdikti

Info Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Kemenristekdikti

Apakah Anda pernah mendengar tentang beasiswa bidikmisi kemenristekdikti? Pasti sudah bukan? Ya, beasiswa ni sangat bagus untuk kalian lulusan SMA/SMK/Sederajat namun memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang diidamkan. Dan pada tahun 2016 ini, beasiswa bidikmisi kemenristekdikti terbaru dibuka kembali.

Sebagai pelamar, pertama Anda harus mengajukan Beasiswa Bidikmisi 2016 tersebut yang tentunya menjadi persyaratan penting untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam negeri.

Sesuai namanya, Bidikmisi berarti bantuan dana pendidikan dimana berprioritas pada pelamar dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi yang membanggakan sebagai pertimbanganya. Beasiswa ini tentunya disediakan pemerintah melalui Kemenristekdikti setiap tahunnya.

Kuota Beasiswa Bidikmisi

Dari data yang kami kumpulkan, pada tahun lalu terdapat 60 ribu kuota yang disedikana untuk Beasiswa Bidikmisi di Indonesia, dan tahun ini ada kabar bagus bahwa akan ditambahkan lagi sehingga tolanya menjadi 75 ribu kuota! Dengan jumlah yang cukup besar ini tentunya sangat bagus bukan, bagi Anda yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi seperti diberikan peluang lebih.

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa sejak ditetapka sebagai penerima sah Bidikmisi di perguruan tinggi. Untuk kategori S1 atau Diploma IV beasiswa diberikan hingga 8 semester, untuk D3 maksimal 6 semester, D2 maksimal 4 semester dan D1 maksimal 2 semester, kemudian khusus program sarjana dimana memerlukan suatu keprofesian dan kesatuan akan diberikan penambahan beasiswa bidikmisi hingga lulus!
Kabar baik lainnya adalah pada tahun 2016 ini, pelamar akan dibebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri pada salah satu perguruan tinggi piliha dan jika diterima pada Bidikmmisi, pelamar juga dibebaskan dari biaya penddidikan, mendapat biaya hidup minimal Rp. 600.000/bulan. Kemudian ada juga lho biaya kedatangan dan biaya hidup sebagai calon mahasiswa yang berasal dari luar kota dan besarnya setara dengan biaya bantuan hidup untuk satu bulan penuh.

 

Syarat Beasiswa Bidikmisi Kemenristekdikti 2016

1. Siswa SMA/SMK/Sederajat yang akan lulus pada tahun 2016
2. Bagi Anda lulusan tahun 2015 yang bukan menjadi penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penrimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi masing-masing.
3. Usia maksimal 21 tahun (saat mendaftar)
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria :
a) Siswa penerima BSM (Beasiswa Siswa Miskin) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar/sejenisnya, atau
b) Pendapatan kotor orang tua/wali maksimal Rp. 3.000.000/bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi dengan anggota keluarga dengan maksimal Rp. 750.000/bulannya.
5. Orang tua/wali memiliki pendidikan setinggi-tingginya S1 atau Diploma 4
6. Anda harus memiliki potensi akademik yang baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah Anda.
7. Pendaftaran beasiswa ini juga difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTS dan PTN namun ada ketentuan lain tiap pilihan :
a) PTN dengan seleksi masuk : – SNMPTN, -SBMPTN, – Seleksi Mandiri
b) Politeknik, UT dan ISI
c) PTS sesuai dengan seleksi masuk yang Anda pilih.

 

Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Kemenristekdikti

Kemudian bagaimana cara mendaftar Beasiswa bidikmisi 2016? Semakin tahun semakin mudah kok, Anda bisa melakukan pendafataran secara online di laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi

Tahap pendaftaran :
a. Pertama Sekolah akan mendaftarkan diri sebagai instansi yang meberi rekomendasi ke laman bidikmisi dengan melampirkan hasil scan. Kemudian ada lampiran II sebagai bagian persetujuan dan tandan tangan untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
b. Ditjen Belmawa (situs) memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
c. Sekolah akan merekomendasikan siswa pilihan melaui laman bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan Kode Akses yang diverifikasi.
d. Setelah merekomendasikan siswa, kemudian pihak Sekolah akan memberikan mereka nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing-masing siswa yang direkomendasikan tersebut.
e. Setelah melalui proses diatas berarti proses pendaftaran melalui laman bidikmisi telah dilaksanakan.

Bagi mereka yang telah menyelesaikan pendaftaran Beasiswa Bidikmisi tersebut, kemudian mereka harus mendaftara seleksi nasional atau mandiri untuk masuk perguruan tinggi. Contoh : Mendaftar SNMPTN, SBMPTN atau Jalur Mandiri.

Siswa yang mendaftar dan ditetapkan lolos seleksi masuk perguruan tinggi, kemudian melengkapi berkas berikut dan dibawa pada saat pendaftaran ulang:
a. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi
b. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah
c. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
d. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
e. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
f. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (bila ada)
g. Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Beasiswa Siswa Miskin (BSM), bila ada
h. Bagi yang belum mememnuhi syarat poin (g) diatas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat
i. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga
j. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.

Waktu Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi
Ayo cepat daftar beasiswa ini, sudah dibuka mulai dari tanggal 4 Februari kemarin dan terakhir tercatat tangal 1 September 2016. Anda bisa bertanya untuk memperoleh informasi lebih lanjut pada : bidikmisi@dikti.go.id dan lewat laman resmi Bidikmisi.

Semoga informasi mengenai beasiswa bidikmisi kemenristekdikti ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan beasiswa yang diinginkan.

Beasiswa Bidikmisi Kemenristekdikti 2016 – Syarat dan Waktu Pendaftaran | Info Beasiswa | 4.5